Friday, September 15, 2017

Cara Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072615_16.jpg

1.Cara merawat udang vaname tidak terserang penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang wajib di sterilkan adalah media air terlebih dahulu. Taburlah Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, lakukan penaburan dengan rata. Hal ini bertujuan biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang dengan cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan senang berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan tumbuh dengan cepat. Usahakan setiap 1 pekan sekali di tabur yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem di dalam tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali merupakan hal yang harus, karena untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan pupuk yatop dalam 1 hektar adalah 15 liter hingga masa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang sulit moulting dipastikan ada sesuatu yang kurang di dalam tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani malas untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya di Indonesia pengen instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu sedikit perih jika kena luka, perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, jika terkena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat ditolong ?Udang stress/teller

karena banyak factor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop merupakan pupuk yang mengandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya adalah kalau tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusinya dengan cara taburkan Yatop 3 liter/hektar lalu tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan lagi yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi banyak mikroba yg berguna untuk tanah dan bisa bertahan hingga 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai sifat yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya akan turun ke bawah. Lama-lama air tadi berasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang sudah tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Maka dari itu saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu apabila sudah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur pupuk yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal ini telah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik untuk makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang itu hidupnya tak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusinya Taburkan Pupuk yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, dan rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

No comments:

Post a Comment